Ingin Jadi Pilot? Ini 5 Pilihan Sekolah Pilot di Indonesia

pilihan sekolah pilot di Indonesia

Apakah kamu ingin menjadi pilot atau penerbang? Profesi satu ini memang menjadi salah satu profesi yang banyak mendapatkan sanjungan. Bagaimana tidak, gajinya yang terbilang besar kerap menjadi salah satu motivasi bagi orang-orang untuk menjadi pilot di kemudian hari. Nah, bagi kamu ingin jadi pilot, bisa pertimbangkan beberapa pilihan sekolah pilot di Indonesia berikut ini.   

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia 

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI yang berlokasi di Curug, Tangerang, merupakan sekolah penerbangan yang dikelola oleh pemerintah. Proses seleksi untuk bisa masuk ke sekolah penerbang ini terbilang sangat ketat. Setiap tahunnya, hanya pihak STPI hanya akan meloloskan sekitar 20 siswa, untuk kemudian ditempa menjadi seorang penerbang handal. 

STPI Curug ini sendiri memiliki 4 jurusan. Jurusan yang ada di STPI meliputi jurusan penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan manajemen penerbangan. Bagi kamu yang masih berada di sekolah menengah, sebaiknya persiapkan diri dari sekarang agar nantinya bisa menjadi bagian dari STPI Curug. 

2. Bali International Flight Academy

Bali International Flight Academy atau BIFA merupakan sekolah pilot yang berlokasi di Buleleng, Bali. Sekolah pilot satu ini terbilang sebagai salah satu sekolah pilot atau penerbangan terbaik yang ada di Asia. Bagaimana tidak, BIFA memiliki fasilitas yang lengkap serta tentunya sudah berstandar internasional. 

Sama dengan STPI Curug, seleksi masuk untuk bisa jadi bagian dari BIFA pun terbilang bukan hal yang gampang. Pasalnya, banyak orang berlomba-lomba untuk masuk ke sekolah penerbangan yang sudah menjalin kerja sama dengan maskapai terbesar di Indonesia ini, yaitu Garuda Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk menjadi bagian dari BIFA? 

3. Nusa Flying International 

Nusa Flying International merupakan sekolah pilot tersohor yang berlokasi di Jakarta. Jika BIFA menjalin kerja sama dengan Garuda Indonesia, maka sekolah pilot Nusa Flying International menjalin kerjasama dengan maskapai Lion Air. Jadi, semisalnya kamu lulus dari sekolah ini, maka kesempatan kamu untuk menjadi pilot di maskapai penerbangan tersebut akan terbuka lebar. 

4. Aero Flyer Institute

Pilihan sekolah pilot di Indonesia selanjutnya adalah Aero Flyer Institute. Sekolah penerbangan swasta ini berada di bawah naungan Batavia Air. Mengenai pembayarannya sendiri, akan disesuaikan dengan lisensi penerbangan yang diambil oleh siswanya. Meskipun terbilang relatif baru, namun Aero Flyer Institute ini sudah dikenal sebagai salah satu sekolah pilot terbaik di Indonesia. 

5. Eagle Air Academy

Sekolah pilot selanjutnya yang bisa jadi tujuanmu untuk menggapai cita adalah Eagle Air Academy. Dengan bersekolah di Eagle Air Academy, maka kamu yang merupakan seorang calon pilot akan bisa menambah kemahiranmu dalam mengemudikan si burung besi. Beragam teori dan praktik akan diberikan padamu, sehingga nantinya kamu bisa menjadi seorang pilot yang profesional. 

Istimewanya di Eagle Air Academy, silabus dan pendidikan yang diberikan pada siswanya, telah disesuaikan dengan perkembangan dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia penerbangan modern. Dengan hanya menjalani masa studi setidaknya selama 8 bulan, maka kamu bisa memperoleh lisensi sebagai seorang pilot profesional dalam menerbangkan pesawat. 

Realisasikan anganmu untuk menjadi seorang pilot dengan melanjutkan pendidikan di sekolah pilot atau penerbang. Ada banyak pilihan sekolah pilot di Indonesia, di antaranya adalah 5 sekolah di atas. Mengingat peminat sekolah pilot yang begitu banyak, tentu kamu harus berusaha dengan optimal untuk kemudian bisa masuk ke sana dan nantinya lulus menjadi seorang penerbang handal.