Tips Kelola Keuangan Bisnis dengan Cepat dan Aman

buku warung, catatan pengeluaran
Buku Warung, membangun bisnis atau usaha di zaman milenial ini tentu sangat mudah. Tidak membutuhkan banyak modal, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis kecilmu. Namun, kebanyakan dari masyarakat yang sudah memulai bisnisnya tidak memiliki cukup kepandaian dalam melakukan pengelolahan keuangan. 
Banyak dari mereka yang mencampuradukkan antara uang pribadi dan uang hasil bisnis atau usaha. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang menjadi salah satu penghambat perkembangan usaha yang kamu miliki. 
Oleh sebab itu, sangat dibutuhkannya strategi dan kepandaian dalam pengelolaan keuangan bisnis. Bisnis atau usaha yang berkembang tentu selalu diiringi dengan kontroling dan catatan keuangan setiap harinya yang meliputi catatan pemasukan, catatan pengeluaran, hutang piutang dll. 
Namun di zaman serba canggih ini masih saja terdapat masyarakat yang menggunakan buku warung atau catatan manual dalam mengarsip data keuangan bisnis. Tentu hal ini dirasa sangat kuno dan kurang efektif. Nah oleh sebab itu berikut ini 5 tips sebagai solusi cerdas mengelola keuangan bisnis kamu.

Tips Kelola Keuangan Bisnis 

1. Memisahkan Rekening Pribadi, Keluarga dan Bisnis

Memisahkan rekening pribadi, keluarga dan bisnis adalah hal yang harus kamu lakukan. Jika kamu sudah mulai mengembangkan suatu bisnis maka bukalah rekening baru yang dikhususkan untuk menyimpan uang hasil bisnismu. Jika semua keuangan menyatu maka sangat sulit untuk melihat sejauh apa perkembangan bisnis kamu. 

2. Perencanaan General 

Untuk kamu para pemula yang baru saja terjun ke dunia bisnis tentu kamu harus membuat perencanaan general usaha. Buatlah susunan program usaha dalam periode yang panjang kemudian kamu bisa membaginya menjadi beberapa periode yang lebih pendek seperti bulanan, mingguan bahkan harian. Buatlah juga catatan kebutuhan untuk menjalankan program tersebut dan mulai kapan program kamu jalankan.  

3. Susun Perencanaan Pendapatan 

Selanjutnya yaitu membuat perencanaan pendapatan. Buatlah perkiraan pendapatan yang harus kamu miliki untuk memenuhi kebutuhan modal yang sebelumnya telah kamu susun dalam program usahamu. Mulailah dengan membuat strategi usaha agar kamu bisa memperoleh pendapatan. 
Mulai dari jumlah produk yang dijual, target penjualan, strategi yang digunakan, hingga cara untuk memastikan setiap produk dapat terjual dan memperoleh keuntungan. 

4. Catatan Arus Kas Usaha 

Hal ini merupakan bagian yang terpenting dalam mengelola keuangan bisnis atau usahamu. Pengawasan arus kas tentu cukup sulit karena membutuhkan ketelitian yang tinggi. Catatan ini tentu memuat beberapa di antaranya yaitu modal, catatan pemasukan, catatan pengeluaran, hutang piutang.
Kamu bisa membuat rekap kas setiap harinya agar mengetahui berapa banyak pertambahan kas setiap harinya. Lebih baik kamu juga membuat laporan kas setiap bulannya untuk mengetahui peningkatan atau bahkan penurunan pendapatan usaha. 
Jika kamu merasa kesulitan menginput data keuangan, kamu bisa menggunakan aplikasi cerdas untuk pembukuan dan kontroling keuangan kamu yaitu BukuKas. Jika selama ini kamu masih menginput data keuangan secara manual di buku catatan atau buku warung, maka bergantilah dengan menggunakan aplikasi cerdas BukuKas. 
Data yang kamu input tentu tetap terjaga kerahasiaannya dan kamu bisa dengan mudah mendapatkan laporan keuangan setiap harinya. 

5. Kembangkan Usaha dengan Laba yang Diperoleh 

Menikmati hasil pendapatan bisnis memang sangat menyenangkan, namun alangkah lebih baik jika kamu menggunakan laba untuk mengembangkan usahamu. Kelola uang hasil pendapatan usaha untuk modal mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. 
Sebagai contoh dengan menambah armada dagang, memperbesar produksi, memperluas wilayah pemasaran dll. Dengan semakin sering kamu melakukan langkah ini maka bisnis kamu akan semakin berkembang dengan pesat. 
Berikut tadi informasi seputar tips mengelola keuangan bisnis dengan cepat dan aman. Di zaman yang milenial ini membangun usaha memang sangat mudah, namun kamu juga harus mengimbangi dengan melakukan pengelolaan keuangan yang efektif dan aman. Jika kamu masih menggunakan cara kuno atau manual dengan mencatat di buku warung, maka segeralah beralih ke cara yang lebih modern yaitu menggunakan aplikasi digital seperti BukuKas.