Selain Ketupat dan Opor Ayam, Makanan Ini Sering Muncul Saat Lebaran Idul Fitri

makanan lebaran idul fitri

Lebaran Idul Fitri memang tidak terlepas dari opor ayam dan ketupat sebagai makanan yang wajib tersedia sehingga menjadi tradisi di Indonesia. Makanan tersebut biasanya dihidangkan untuk keluarga terdekat dalam menikmati momen lebaran yang sakral setelah saling maaf memaafkan. 

Selain opor ayam dan ketupat ada juga beberapa makanan yang bisa disajikan untuk menemani waktu lebaran. Apa saja itu? Berikut ini beberapa makanan pengganti opor ayam dan ketupat yang bisa kamu hidangkan saat lebaran Idul Fitri tiba.

Soto

Soto bukan lagi makanan yang sulit ditemukan di Indonesia. Makanan dengan kuah yang segar dan rasa yang nikmat ini bisa menjadi pengganti opor ayam dan ketupat. Seperti yang sudah dijelaskan, opor ayam dan ketupat memang menjadi salah satu makanan yang selalu dihidangkan saat lebaran. Nah, jika kamu tidak suka opor ayam bisa menggantinya dengan soto ayam atau daging sapi sesuai selera.

Ayam Bakar

Idul Fitri juga bisa menjadi momen untuk bakar ayam bersama keluarga. Makanan satu ini pasti banyak digemari oleh semua orang mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Dengan kegiatan bakar ayam ini akan menambah kemeriahan suasana lebaran selain perut menjadi kenyang. Jangan lupa untuk membumbuinya ya, agar rasa semakin lezat.

Sate 

Nah, menu bakar-bakaran lainnya selain ayam yang bisa kamu buat di rumah adalah sate. Dengan bahan yang mudah didapatkan, kamu bisa membuat sate dengan bumbu sesuai keinginan. Bumbu sate juga tidak susah untuk dibuat. Jika kesulitan untuk membuat bumbunya, kamu bisa membeli bumbu instannya di supermarket atau pasar tradisional.

Rujak Sayur

Cita rasa pada rujak tidak kalah dari rasa opor ayam dan ketupat. Perlu diketahui, jenis rujak sendiri ada yang menggunakan petis dan ada pula yang menggunakan bumbu kacang. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan selera. Makanan ini akan sangat lengkap dinikmati dengan tambahan kerupuk. 

Bakso

Bakso menjadi salah satu makanan favorit berikutnya yang disukai oleh semua orang. Bakso menjadi menu selanjutnya yang bisa kamu siapkan selain menu opor ayam dan ketupat. Rasanya yang gurih pedas dijamin akan menggoyang lidahmu. 

Itu tadi beberapa referensi makanan pengganti opor ayam dan ketupat di hari lebaran Idul Fitri. Selain persiapan Hari Raya Idul Fitri, saatnya kamu juga mempersiapkan masa depanmu dengan bergabung bersama EF English Centers. 

Kami hadir menyediakan berbagai penawaran program belajar bahasa Inggris, pengajar profesional dan berbagai kelebihan lainnya. Dengan mengambil kursus di EF English Centers, dijamin kemampuan bahasa Inggris kamu semakin mantap. Nah, tunggu apalagi persiapkan masa depan kamu sekarang dengan bergabung bersama EF English Center. Semoga bermanfaat!