Review Dewpre Premium Cica Suncream, Tipe Physical Sunscreen yang Nyaman

Topik yang selalu gak abis-abis adalah saat ngomongin sunscreen. Online ataupun offline saat ngumpul bareng teman-teman, pasti seru kalau bahas soal sunscreen. Apalagi sekarang sudah banyak banget produk sunscreen.

Aku sudah rutin memakai sunscreen sejak lama. Udah banyak produk yang aku cobain. Tapi rata-rata produknya itu chemical sunscreen dan ada beberapa kali hybrid sunscreen. Nah, belakangan aku mulai bosen nih. Aku mau coba yang physical sunscreen.

Setelah searching sana-sini, aku akhirnya kepincut sama physical sunscreen-nya Dewpre. Ini bisa dibilang produk terbaru yang mereka launching. Aku sebelumnya juga sudah memakai rangkaian lengkap skincare Dewpre dan memang bagus banget di kulit aku.

Sebelum ke reviewnya, aku mau jelasin dulu nih bedanya chemical, physical dan satu lagi hybrid sunscreen. Selain itu ada juga yang namanya nano dan non nano sunscreen. Kalian wajib banget tahu ini!

dewpre premium cica suncream

Perbedaan Chemical, Physical, dan Hybrid Sunscreen

1. Chemical Sunscreen

Bekerja dengan cara menyerap sinar matahari lalu mengubahnya menjadi panas. Hal ini dapat mencegah sinar UV masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam lagi. Chemical sunscreen ini perlu waktu 20-30 menitan untuk bisa bekerja secara efektif. Teksturnya cenderung ringan dan mudah meresap di kulit. Tahan akan air dan keringat serta no white cast.


2. Physical Sunscreen

Bekerja dengan cara memantulkan sinar matahari. Berada di lapisan kulit terluar. Jadi bisa diibaratkan fungsinya seperti benteng. Sesaat setelah diaplikasikan ke kulit, sunscreen jenis ini sudah langsung bisa bekerja efektif.

Masa perlindungannya juga lebih lama dari sunscreen tipe lainnya. Karena sifatnya seperti itu, maka pantang menyumbat pori-pori. Mengandung bahan aktif yang lebih sedikit sehingga lebih aman untuk kulit sensitif dan kering. Namun, teksturnya terkenal lebih padat dan cenderung menimbulkan white cast.


3. Hybrid Sunscreen

Dinamakan hybrid karena merupakan gabungan dari chemical dan physical sunscreen. Sunscreen jenis ini memiliki tekstur seperti chemical sunscreen dan bekerja seperti physical sunscreen. Kandungannya pun menggabungkan antara keduanya. 

Perbedaan Nano dan Non Nano Sunscreen

Nano sunscreen merupakan jenis sunscreen yang mengandung Zinc Oxide dan Titanium Oxide yang telah dipecah menjadi nanopartikel. Tentu saja nanopartikel ini jauh lebih kecil dan tanpa meninggalkan residu. 

Terdengar baik, namun ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa nanopartikel ini mempunyai risiko atau dapat menyebabkan gangguan kesehatan ketika terhirup dalam dosis yang banyak.

Selain itu, banyak kekhawatiran juga dari kandungan Titanium dan Zinc yang menyerap melalui pori-pori walaupun ada juga yang mengatakan bahwa itu tidak akan terserap kulit. Namun jenis nano ini menimbulkan kekhawatiran.

Sedangkan non nano sunscreen sudah pasti gak ada proses pemecahan partikel sehingga dapat mengurangi kekhawatiran akan hal-hal tersebut di atas.

Mana yang Lebih Baik?

Dilihat dari jenisnya, semuanya baik. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu saja. Bisa juga disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Untuk jenis kulit kering sepertiku lebih cocok ke physical. Tapi harus dilihat juga kandungan-kandungannya, jika ada kandungan-kandungan yang melembapkan, chemical sunscreen juga bisa cocok di kulitku.

Untuk nano dan non nano, untuk lebih aman, kamu mungkin bisa memilih yang non nano. Tapi balik lagi ya ke kepercayaan kamu. Nah, gimana dengan Premium Cica Suncream dari Dewpre ini? Simak reviewnya di bawah ini yuk!

General Product Information

Nama brand: Dewpre

Asal brand: Indonesia

Diproduksi: PT. Cosmax Indonesia (produsen skincare asal Korea)

Nama produk: Premium Cica Sunscream

Tipe: Non Nano Physical Type, water resistant

Kandungan SPF: SPF50+ PA ++++

Berlogo halal

Vegan

Dermatology tested

No BPOM: NA18221700413

Hero Ingredients Dewpre Premium Cica Suncream

πŸ’š Cica Leaf Water 50.000 ppm

πŸ’š Tea Tree

πŸ’š Green Tea

πŸ’š Niacinamide

πŸ’š Sodium Hyaluronate

Benefit of the Product

🟒 Memantulkan sinar matahari tanpa merusak skin barrier

🟒 Mencegah kulit dari penggelapan

🟒 Calming

🟒 Moisturizing

🟒 Brightening

Product Packaging

Kemasannya tube, pipih dengan aplikator yang sangat runcing sehingga memudahkan pengaplikasian. Isinya 35 ml. Warna kemasannya emang khas Dewpre banget ya. Perpaduan warna putih dan hijau yang sangat lembut. Terkesan elegan, simple dan clean.

dewpre premium cica suncream

Product Texture, Color, and Scent

Saat mengaplikasikan, ada sekilas aroma lembut yang bukan dari parfum melainkan aroma alami. Warnanya putih susu pekat. Teksturnya cream padat. Akan terasa sedikit lengket di awal-awal mengoleskan ke kulit. Namun, menghilang setelahnya.

My Review of the Product

Seperti yang aku katakan di awal-awal tadi, ini kali pertamanya aku cobain physical sunscreen dan ternyata gak bikin jera. Malah cocok banget lho. Katanya sunscreen jenis ini tuh mudah hilang hanya karena keringat atau air ya. 

Tapi ternyata produk physical sunscreen dari Dewpre ini water resistant lho, gak kalah sama chemical sunscreen. Terbukti sih, aku pas makai dari pagi sampai sore hari, itu dia masih stay di atas kulit aku. 

Teksturnya yang padat membuat kulit aku lebih terasa lebih kencang aku rasa. Terus setelah beberapa jam diaplikasikan, gak ada lagi minyak yang transfer ke tangan saat menyentuh wajah. Jadi bisa dikatakan untuk kulit aku, dia matte finished. 

Namun, uniknya walaupun matte, produk ini tetap bisa banget menjaga kelembapan kulit aku. Gak ada keluhan kulit kering saat memakai produk ini.

Memang ada sedikit white cast pada sunscreen tipe ini dan itu memang wajar karena produknya bertipe physical. Tapi white cast ini gak berlebihan ya dan akan berkurang seiring waktu. 

physical sunscreen

Walaupun water resistant, produk ini lebih mudah dibersihkan lho. Kerasa banget bahwa produk ini gak menyumbat pori-pori. Selain itu, ada perasaan calming juga saat memakainya. Mampu menenangkan kulit. 

Aku juga suka packaging-nya yang pipih. Jadi mudah diselipin ke tas kecil atau pouch kecil sekalipun. 

Pakai Produk Dewpre Apalagi Selain Ini?

Aku pakai semuanya produk Dewpre nih. Kemarin sekalian beli suncream-nya, aku sekalian repurchase produk fluid, essence dan cream-nya yang juara banget. Oh ya, aku juga nyobain facial wash-nya yaitu Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam.

dewpre tea tree cleansing foam

Kandungan facial wash dan suncream-nya serasi banget kan ya? Facial wash ini memiliki tekstur gel bening yang lembut. Aromanya sangat tercium aroma natural ingredients. Busanya lumayan banyak dan lembut. Bikin wajah bersih total tanpa rasa ketarik pastinya.

tekstur facial wash dewpre

Price and Where to Buy

Harga normalnya adalah Rp199.000 per botol. Tapi Dewpre sering banget ada diskon lho. Harganya bisa jadi 150-an doang atau bahkan kurang dari itu. Pembelian bisa melalui Shopee mereka ya biar dapat gratis ongkir juga. Hehe.

Happy shopping and happy trying friends!


tekstur facial wash dewpre