Profesi Barista Semakin Menjanjikan, Yuk Belajar Bikin Kopi ala Barista!

kursus online menjadi barista professional di skill academy

Ada banyak sekali profesi di dunia ini. Salah satu yang sangat menarik adalah profesi sebagai barista.

Profesi ini semakin hari semakin famous apalagi di kalangan anak muda. Hal ini selaras dengan menjamurnya coffee shop di Indonesia sampai ke pelosok.

Barista merupakan orang yang khusus membuat dan menyajikan minuman kopi. Selain itu, barista juga melakukan hal operasional lainnya seperti menerima order atau cahsier.

Kisaran Pendapatan Barista

Menjadi seorang barista itu menjanjikan karena tentu saja pendapatannya tidak kalah dengan profesi-profesi lainnya di luar sana.

Pendapatan ini variatif tergantung dari lokasi serta seberapa skillfull kamu sebagai seorang barista. 

Jika di kota-kota besar seperti Jakarta, kamu bisa earn money 3-5 juta per bulannya dengan menjadi barista.

Untuk daerah yang agak jauh dari ibu kota seperti Kalimantan, ada di angka 2 jutaan. Namun tidak mutlak ya. Digit ini dipengaruhi pula oleh kemampuan kamu.

Untuk barista pemula, kisaran uang yang akan kamu dapatkan per bulannya adalah di bawah 2 juta. 

Sedangkan untuk barista yang sudah berpengalaman dan mempunyai sertifikat, maka kamu bisa mendapatkan salary yang lebih besar. 

Bahkan kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi barista di coffee shop ternama yang gaji bulanannya sudah menyesuaikan UMR di daerahnya. 

Cara Mendapatkan Sertifikat Kursus Barista

Seperti yang dibahas di atas, kamu akan mendapatkan salary yang lebih baik jika kamu punya sertifikat. 

Gimana sih caranya dapat sertifikat? Pastinya dengan mengikuti kursus baik itu offline ataupun online. 

Di masa pandemi seperti ini, jelas lebih baik mengambil kursus online. Salah satu lembaga yang menyediakan kursus menjadi barista ini adalah Skill Academy.

Kursus Online Menjadi Barista Profesional di Skill Academy

Bagi kamu yang belum tahu, Skill Academy merupakan platform yang didirikan oleh Ruangguru, perusahaan teknologi berbasis pendidikan yang terbesar di Indonesia.

Ada banyak kelas yang bisa kamu pilih salah satunya kursus menjadi barista. Apalagi jika kamu penerima kartu prakerja, melihat prospek yang bagus akan profesi ini, skill barista akan sangat bermanfaat buat kamu. 

Kursus online menjadi barista professional di Skill Academy ini bertajuk “Siap Kerja di Kedai Kopi: Belajar Bikin Kopi Kekinian ala Barista”.

Course tersebut dipandu oleh Djoko Pamungkas yang sudah 9 tahun meniti karir sebagai barista. Banyak pengalaman yang sudah beliau dapatkan dan saat ini beliau menjadi head barista di Cliq Coffee & Kitchen.

belajar bikin kopi ala barista

Kursus ini sedang ada diskon besar yaitu sebanyak 575 ribu rupiah dari harga awal Rp825.000,00. Sehingga biaya yang kamu perlu keluarkan hanya Rp250.000,00.

Untuk biaya segitu, kamu sudah mendapatkan 10 topik, 33 materi dengan durasi 4 jam 44 menit. 

Beberapa topik di antaranya adalah seperti pengenalan budaya kopi, sertifikasi profesi barista, mengenal perlengkapan dan peralatan pembuat kopi dan masih banyak yang lain.

Setiap topik yang ada juga dibagi lagi menjadi subtopik, sehingga ilmu yang diterima sudah pasti banyak dan dalam. 

Kelas ini juga dilengkapi dengan 20 video, 4 dokumen, pre exam dan exam serta tentu saja, sertifikat yang akan sangat berguna di dunia kerja. 

Selain itu, dengan mengambil course ini, kamu juga akan mendapatkan bonus tambahan career mentoring seperti panduan membuat CV, surat lamaran, menghadapi interview dan menyusun profil Linkedln. 

Semua yang pernah mengambil kelas ini juga memberikan review yang sangat bagus yang menunjukkan bahwa mereka puas dengan materi dan segala ilmu yang ada di kursus tersebut. 

Kelas ini sangat cocok untuk kamu yang berkeinginan menjadi barista atau barista pemula yang ingin menambah skill.

Dengan mengikuti kelas ini dengan baik, kamu pasti akan dapat memahami apa saja tugas barista dan teknik-teknik meracik kopi yang kekinian ala barista. 

Last but not least, kursus ini juga termasuk kursus yang best seller lo di Skill Academy.