Baik bagi Jantung, Berikut 7 Manfaat Lemak Nabati bagi Tubuh

lemak

Tumbuhan merupakan salah satu sumber utama lemak, salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Berdasarkan sumbernya ini, lemak dikenal sebagai lemak nabati. 

Makanan seperti alpukat, kacang almon, kacang tanah, serta buah dan minyak zaitun, merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan lemak nabati. Lalu, apa saja manfaat dari lemak nabati? Simak ulasannya berikut ini.  

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak nabati yang terkandung di dalam makanan seperti alpukat, minyak zaitun, serta kacang-kacangan, merupakan lemak tak jenuh tunggal. 

Lemak satu ini dikenal sebagai lemak baik yang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung. 

Dengan begini, risiko terjadinya gangguan pada organ jantung, misalnya seperti serangan jantung, akan bisa dihindari. 

Jantung akan bisa terjaga dengan baik karena lemak tak jenuh tunggal ini, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang berada di dalam darah. 

Lemak nabati memiliki kandungan yang bernama fitosterol, yang bisa menghambat penyerapan kolesterol jahat. Tak hanya itu saja, level kolesterol baik dalam darah pun bisa mengalami peningkatan, dengan mengonsumsi lembak nabati. 

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Lemak nabati, terutama sekali yang terkandung dalam minyak zaitun, bisa diandalkan untuk meningkatkan proses metabolism tubuh. 

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan berupa senyawa fenolik di dalam minyak zaitun. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan juga antikoagulan, yang dapat meningkatkan metabolism tubuh. 

3. Menjadi Sumber Energi Tambahan

Selain lemak tak jenuh tunggal, lemak nabati juga ada yang berbentuk lemak tak jenuh ganda. Asupan lemak tak jenuh ganda yang diserap oleh tubuh, akan dijadikan sebagai sumber energi tambahan atau sumber energi cadangan. 

Dengan fungsinya yang seperti ini, tak heran jika makanan dengan kandungan lemak nabati, banyak dijadikan sebagai makanan saat diet.  

4. Mengurangi Peradangan 

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada lemak nabati, akan bisa membantu tubuh dalam mengatasi peradangan. Terjadinya peradangan pada tubuh disebabkan karena sistem imun tubuh sedang bekerja untuk melawan infeksi.  

Walau peradangan normal terjadi, jika terjadi berkepanjangan akan bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya, misalnya seperti penyakit jantung. 

5. Melancarkan Pembentukan Otot

Lemak tak jenuh ganda yang merupakan salah satu jenis dari lemak nabati, merupakan lemak yang sangat berperan dalam pembentukan otot. 

Pasalnya, kandungan dalam lemak ini akan bisa membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel di dalam tubuh. Perkembangan sel yang sempurna, akan berkontribusi pada pembentukan otot tubuh yang kuat. 

6. Membantu Perkembangan Saraf Otak 

Perkembangan saraf otak akan sangat terbantu dengan asupan lemak tak jenuh ganda yang bisa diperoleh dari tumbuhan.  

Makanya, tak heran jika asupan lemak ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan begini, anak bisa tumbuh sehat dan normal, dikeranakan otaknya berkembang dengan baik. 

7. Mengurangi Risiko Penyakit Strok 

Seperti yang kamu ketahui, strok merupakan penyakit yang dipicu oleh tingginya level kolesterol jahat dalam darah. 

Agar bisa terhindar dari penyakit ini, tentu saja level kolesterol jahat sebisa mungkin harus dikurangi. Pengonsumsian lemak nabati yang berupa lemak tak jenuh tunggal, akan bisa mengurangi level kolesterol jahat tersebut di dalam darah. 

Konsumsilah lemak nabati, untuk memelihara kesehatan dan ketercukupan asupan nutrisi penting bagi tubuhmu. Namun, kamu tentunya harus tetap mengikuti aturan pengonsumsiannya sehari-hari, agar nantinya malah tidak berlebihan. 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai makanan yang kaya akan lemak nabati ini, kamu bisa kunjungi Halodoc.

Halodoc merupakan sebuah situs kesehatan, yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi, yang memuat banyak artikel kesehatan, yang telah ditunjau langsung oleh para dokter. 

Selain itu, kamu bisa andalkan Halodoc untuk memenuhi kebutuhan kesehatanmu, karena di sini kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hingga melakukan pembelian obat. Jadikan Halodoc sebagai partner kesehatanmu.