Itinerary Sederhana Liburan 3 Hari ke Singapore Buat Pemula

Berbeda dengan artikel seputar traveling yang aku pernah tulis sebelumnya, kali ini aku menulis sesuatu yang belum aku jalani alias masih aku rencanakan. Bagiku, sebelum traveling, itinerary adalah salah satu hal yang wajib banget dibuat.
Untuk liburan jarak dekat aja biasanya aku membuat itinerary, apalagi untuk jarak yang jauh seperti luar negeri. Aku bakal share nih rencana liburan yang aku bikin. Rencana awalnya sih tahun baru nanti di 2020, tapi bisa jadi maju ke akhir tahun 2019 ini. Jadi kapanpun berangkatnya, itinerary aku udah siap. Mungkin bisa kalian tiru.
itinerary singapore

Pemesanan Tiket Pesawat

Sebelum ke itinerary, hal yang paling utama dan lumayan menyita budget adalah tiket pesawat. Tiket pesawat dari Jakarta ke Singapore itu terkenal murah. Malah lebih mahal perjalanan domestik.
That’s true, tapi sayangnya aku nggak dari Jakarta. Aku jauh.. dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. So, tiket awal yang harus aku beli adalah Banjarmasin – Jakarta. Aku pilih penerbangan di hari kerja dan menggunakan Lion Air. 
Harga tiket pesawat termurah yang aku dapat ada di angka Rp1.084.600 yang aku cek melalui aplikasi PegiPegi. Aku bakal milih penerbangan di jam 10:55 – 11:40. Waktu yang pas menurutku.
tiket pesawat
Lalu dari Jakarta ke Singapore, aku cek harga tiket pesawat murah ini via PegiPegi Rp800.000, ini juga harga di week day. Aku bakal pilih penerbangan dengan jam terbang 13:45 – 16.30. Kurasa itu jam yang paling pas.  
tiket pesawat
Sebenarnya, ini bukan harga valid ya karena bisa jadi dia berubah lebih murah karena ada promo tiket pesawat nantinya. Ini hanya aku maksudkan sebagai taksiran terlebih dahulu.
Nah, sedangkan untuk pulangnya, harga tiket pesawat online-nya tentu beda kan. Tapi nggak akan terlalu jauh juga bedanya. Jadi aku totalkan untuk tiket pesawat 2 orang pulang pergi nanti adalah senilai Rp3.769.200.

Day 1: Sentosa Island

Apakah cuma 1 destinasi saja? Tentu tidak. Cuma secara besarnya bisa disebut hanya Sentosa Island. Jadi di sini, ada berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi. Wajar banget dong kalau kita menghabiskan 1 hari full untuk bisa eksplor tempat ini.
Destinasi yang paling wajib ketika berada di Sentosa Island adalah Universal Studio Singapore. Tentu saja kan. Lalu di sana nanti aku juga pengen banget nih menaiki Singapore Cable Car. Selain itu, aku juga pengen berkunjung ke S.E.A Aquarium yang masih berada di Sentosa tentunya. 

Day 2: 

Marina Bay Sands

Selain Universal Studio, Singapore juga terkenal dengan Marina Bay Sands yang sungguh ikonik. Sering dong aku liat ini di story ataupun feed orang-orang dengan bangunan unik dari area ini.
Ada banyak sekali fasilitas yang ada di sana yang tentu saja mesti dicoba semacam Sands SkyPark, The Sands Expo, ArtScience Museum, and many others. Kalau bisa sih aku mau mencoba yang SkyPark. Itu semacam yang harus sih kalau bertandang ke Marina Bay Sands ini.

Esplanade

Esplanade
Nggak jauh dari sana, ada satu lokasi lagi yang wajib banget masuk itinerary aku. That is Esplanade. Ini merupakan gedung konser yang kelas dunia. Kita bisa menikmati show gratis dan galeri seni yang tentu saja keren banget.

The Singapore Flyer

the singapore flyer
Masih di lokasi yang berdekatan, rasanya bakal asik banget deh kalau aku mencoba The Singapore Flyer. Kamu tentu pernah dong melihat bianglala raksasa yang biasanya selalu disorot oleh kamera traveler. Yeap, itu adalah The Singapore Flyer. Kayaknya bianglala ini bakal lebih seru kalau dinaiki pada malam hari.  

Day 3: Mustafa Center, Haji Lane, Arab Street

Arab street
Hari terakhir biasanya selalu dihabiskan dengan berbelanja oleh-oleh untuk pulang nanti kan? Nah, aku pun merencanakan itu dan memilih 3 tempat yang kayaknya pas banget nih dijadikan tempat buat get the souvenir. 
Selain itu, lokasinya juga instagramable banget. Pasti bagus banget buat menghiasi feed aku nantinya. Untuk price suvenir, aku belum ada cari informasinya. Tapi yang jelas, aku menerapkan budgeting dan bakal commit. Jadi ga bakal kecolongan.
Well, itu dia itinerary aku yang sangat sederhana. Kenapa aku bilang sederhana? Tentu saja karena itinerary ini tidak terperinci dengan info jam, makan siang dan tempat menginap. Tapi, itinerary aku ini nggak akan aku tinggalkan gitu aja. Aku akan menyempurnakannya pelan-pelan sambil cari-cari informasi juga.
Oh ya, list destinasi wisata di atas juga tercipta karena bantuan salah seorang temanku yang tinggal di Singapore. Thanks a lot ya karena udah bantuin jawab pertanyaan-pertanyaan dari aku. So, apakah tulisan ini sudah bisa sedikit membantu kalian?