Cara Menjaga Kebersihan saat Menstruasi yang Benar

cara menjaga kebersihan saat menstruasi

Menstruasi merupakan kata yang sudah pasti tidak asing lagi baik bagi perempuan ataupun laki-laki. Apa yang ada di pikiran sebagian besar orang saat mendengar kata ini pasti “bad mood” atau mood yang buruk.

But, menstruasi bukan hanya soal mood changing. Ada banyak hal lainnya yang kadang nggak kita sadari atau lebih parahnya, kita belum tahu. Contohnya seperti beberapa cara menjaga kebersihan saat menstruasi dan infromasi lainnya yang akan aku paparkan di bawah ini.

Fakta tentang Menstruasi

Ternyata sampai sekarang, menstruasi masih dianggap tabu khususnya di negara Indonesia. Ada stigma negatif tentang persoalan menstruasi ini. 

Hal inilah yang kemudian menyebabkan para remaja perempuan yang pertama kali mengalami menstruasi menjadi malu untuk bertanya dan akhirnya nggak maksimal dalam hal menjaga kebersihan selama menstruasi.

Data pun menunjukkan bahwa hanya ada 6 dari 10 anak perempuan yang memutuskan berani bertanya ke ibunya saat menstruasi dan parahnya lagi, si ibu ini bisa menjadi sumber miskonsepsi dan mitos yang dapat merugikan kesehatan sang anak.

Padahal, jika nggak mengedukasi anak dengan benar tentang masalah menstruasi ini, dan lalu menyebabkan kondisi kesehatannya terganggu baik di masa remaja atau masa depannya, maka orang tua sudah bisa disebut sebagai melakukan kekerasan terhadap anaknya.

Kenapa Sih Menjaga Kebersihan dan Kesehatan selama Haid Itu Penting?

Menjaga kebersihan saat haid sangat penting, karena kalau tidak, maka ada masalah kesehatan yang mengancam seperti infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur sampai peningkatan risiko kanker serviks. Sudah pasti nggak ada satupun wanita yang ingin punya masalah tersebut kan. 

Pentingnya Peran Ibu dalam Hal Edukasi Kebersihan saat Menstruasi

peran ibu pada kesehatan menstruasi remaja

Kembali lagi ke fakta di atas bahwa banyak orang tua yang menjadi sumber akan hal-hal yang sebenarnya keliru. Nah, jadi sebagai orang tua ataupun calon orang tua di luar sana, penting banget nih buat kita tahu dan menerapkan juga manajemen kebersihan menstruasi yang benar.

Memang mungkin akan sulit berbicara tentang haid ini kepada anak remaja. Padahal, faktanya, ada lebih dari 90% anak perempuan percaya terhadap ibunya sebagai sumber informasi.

Ada beberapa tips yang bisa ibu terapkan yaitu dengan melakukannya berulang kali. Pelan-pelan dan sedikit demi sedikit. Lebih banyak bertanya dan berdiskusi, bukan mendoktrin dengan nada yang menggurui.

Jelaskan secara konkrit. Misalnya ibu bisa menggunakan gambar anatomi tubuh atau yang lainnya. Selain itu, anak laki-laki juga perlu banget untuk dijelaskan mengenai haid ini walaupun nggak sedetail penjelasan kepada anak perempuan.

Gunanya agar si anak lelaki tidak suka mengejek teman wanitanya dan menyebarkan stigma negatif tentang haid ini.

Cara Menjaga Kebersihan saat Menstruasi

cara menjaga kebersihan saat haid

  1. Pembalut harus diganti selama 4-5 jam sekali. Tidak ada pengecualian. Wajib pokoknya. Bahkan kalau misal sedang banyak-banyaknya, kamu juga wajib mengganti saat pembalut sudah penuh walaupun belum sampai 4 jam. Fakta juga menunjukkan hanya 5 dari 10 remaja mengganti pembalut 4-8 jam sekali. Selebihnya hanya 2 kali sehari.
  2. Lakukan mandi sebanyak 2 kali sehari. 
  3. Jaga kebersihan pembalut yang kamu pakai dengan cara mencuci tangan setiap kali sebelum dan sesudah menyentuh pembalut.
  4. Cuci pembalut yang sudah digunakan sampai bersih lalu masukkan ke kantong plastik dan lalu buang ke tempat sampah.
  5. Selalu pastikan air yang kamu gunakan untuk membersihkan vagina adalah air yang bersih dan mengalir.
  6. Bersihkan vagina dari arah belakang ke depan. Jangan sampai terbalik. 
  7. Jika memakai cairan pembersih vagina, maka gunakan yang pH-nya sesuai dengan pH normal vagina.

Bentuk Dukungan Pemerintah dalam Mendukung Kesehatan Reproduksi Remaja

  1. UKS yang merupakan kolaborasi pemerintah dan PUSKESMAS.
  2. “Aku Bangga Aku Tahu”: merupakan giat penyuluhan rutin ke sekolah tentang kesehatan reproduksi.
  3. Posyandu Remaja
  4. Vaksinasi HPV: sebagai usaha mengurangi risiko terkena kanker serviks.

Produk yang Terpercaya untuk Membantu Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

Nah sekarang aku mau rekomendasiin nih ke kalian produk yang wajib banget semua perempuan pakai demi kesehatan dan kebersihan organ reproduksi kita.

Produk tersebut dari Betadine. Sudah tentu kalian tahu kan soal produk ini. Soalnya sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia lo. Luar biasa bukan.

Mereka punya produk super komplit nih. Ada yang khusus buat dipakai saat haid yaitu Betadine Feminine Hygene. Lalu juga ada produk khusus untuk infeksi yaitu Betadine Vaginal Douche. 

Lalu, kalian juga harus tahu kalau vagina itu harus dijaga kebersihannya setiap hari. Bukan saat haid saja. Nah, untuk itu, Betadine juga punya produk untuk daily protection-nya nih yaitu Betadine Feminine Wash Natural dan Betadine Feminine Wash Foam.

Kalau saat bepergian, Betadine juga punya produk Wipes yang mudah dibawa kemana-mana. Lengkap banget kan. Semua produknya juga sudah disesuaikan dengan pH normal area kewanitaan.

Kalian bisa melakukan pembelian di Ofiacial Store Betadine di Shopee ataupun di Tokopedia.

betadine feminine hygene

Kegiatan Zoom Webinar Bertajuk “Sehat dan Bersih saat Menstruasi”

Informasi di atas sebagian besar aku dapatkan pada saat aku mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia. 

Dalam webinar tersebut ada banyak pemateri yang sudah pasti ahli di bidangnya. Serta aku juga ikut sebagai anggota dari komunitas tercinta aku yaitu Mom Blogger Community (MBC).

zoom webinar hari kebersihan menstruasi

webinar sehat dan bersih saat menstruasi

Webinar ini diadakan dalam rangka menyambut Hari kebersihan Menstruasi yang jatuh setiap tanggal 28 Mei.

For me personally, ada banyak sekali ilmu baru yang aku dapatkan dari webinar tersebut. Membuat aku semakin bangga juga menjadi seorang wanita. 

Last, semoga kalian yang baca artikel ini juga bisa tersadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi kita.