Cara Ikut Pelatihan Online Prakerja Skill Academy by Ruangguru

pelatihan online prakerja skill academy

“Cari kerja itu nggak gampang.” Sering nggak sih kalian mendengar ucapan seperti itu? Kalau aku sih sering banget. Sebuah pekerjaan memang sangat penting. Pernah aku lihat ada lowongan pekerjaan, yang dicari cuma 2 atau 3 orang tapi yang daftar banyak banget.

Angka pengangguran di negara kita ini juga semakin meningkat. Sebagai langkah pemerintah dalam mengatasinya, pada tahun lalu, tepatnya di bulan April lalu, pemerintah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja yang bisa mengecilkan angka pengangguran ini.

Apa Itu Program Kartu Prakerja?

kartu prakerja


In case ada yang belum tahu atau kurang jelas dengan program ini, aku jelasin lagi ya kalau program Kartu Prakerja ini adalah sebuah program pengembangan kompetensi/skill, yang difokuskan (sementara ini) untuk pencari kerja dan pekerja/buruh yang kena PHK yang berusia di atas 18 tahun.

Masyarakat yang merasa berhak menerimanya, harus melakukan pendaftaran dan jika lolos, penerimanya akan mendapatkan insentif sebanyak 2,4 juta, insentif survei 150 ribu serta dana pelatihan sebesar 1 juta. 

Untuk dana pelatihan tidak bisa diuangkan dan hanya bisa dipergunakan untuk membeli pelatihan di lembaga yang bekerjasama dengan program Kartu Prakerja ini yang salah satunya adalah Skill Academy.

Apa Itu Skill Academy?

kelas prakerja skill academy

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Skill Academy by Ruangguru merupakan lembaga pelatihan online yang bekerjasama dengan program Kartu Prakerja. 

Selain untuk prakerja, Skill Academy juga menyediakan kelas-kelas untuk umum dengan banyak sekali kategori seperti bisnis, teknologi, pemasaran, dan lain-lain tapi yang kita fokuskan di sini membahas pelatihan prakerja ya.

Kenapa Harus Ikut Pelatihan Online Prakerja Skill Academy?

Untuk mendapatkan insentif tersebut, si penerima Kartu Prakerja ini harus mendapatkan sertifikat pelatihan dahulu. Cara mendapatkannya tentu dengan membeli pelatihan dahulu dengan dana pelatihan yang didapatkannya.

Nah, masalahnya, ada banyak penerima prakerja ini yang memilih pelatihan secara random saja atau cenderung memilih yang gampang saja semata-mata agar insentifnya lancar dan cepat didapatkan.

Hal ini tentu bukan tindakan yang bijak. Para penerima prakerja ini seharusnya teliti dan saksama memilih lembaga dan jenis pelatihannya. Rekomendasi tempat bagus untuk mengambil pelatihan adalah di Skill Academy.

Berikut beberapa kelebihan Skill Academy by Ruangguru:

1. Instruktur terpercaya

2. Akses kelas seterusnya

3. Ada tes kemampuan

4. Bisa masuk ke komunitas Skill Academy

5. Bimbingan karir eksklusif

6. Bersertifikat

7. Mendapat peringkat 1 di kategori adult learning

8. Tersedia ratusan kelas 

9. Dipercaya oleh 4 juta pengguna

10. Banyak diskon

Cara Membeli Kelas di Skill Academy

1. Masuk ke skillacademy.com atau bisa download aplikasinya di Android (cooming soon untuk iOS).

2. Buat akun dengan klik button DAFTAR/MASUK di ujung kanan atas.

cara daftar skill academy

3. Setelah akun berhasil dibuat, klik kategori KELAS PRAKERJA di bagian nav bar (atas).

kelas prakerja ruangguru

4. Pilih jenis kelas yang ingin diikuti.

5. Klik BELI SEKARANG

cara beli kelas di skill academy

6. Pilih metode pembayaran. Berikut ini jenis-jenis pembayaran yang tersedia:

– E-Wallet: GoPay atau OVO

– Transfer Virtual Account: BCA, BRI, BNI, Mandiri

– Tranfer bank: BCA

Offline: Alfamart, Alfamidi, Indomaret, dll.

– Kartu kredit

7. Klik CHECKOUT

cara daftar pelatihan prakerja

Tips Memilih Pelatihan

Ada banyak sekali jenis pelatihan online prakerja Skill Academy ini. Kadang malah jadi bingung mau ambil yang mana dulu. Nah, tipsnya, sebaiknya pilih yang sesuai dengan passion atau hobby supaya pas mengikuti pelatihan nggak bosan.

Selain itu, pertimbangkan juga dengan situasi saat ini, contohnya, sekarang kan apa-apa serba online akibat pandemi, nah beberapa soft skill seperti copywriting, SEO, Facebook Ads, email marketing, programming dan web design menjadi sangat berguna.

Atau kamu juga bisa mengambil kelas cara berjualan di e-commerce, dan cara jadi Youtuber yang memang lagi populer di Skill Academy. 

Tips terakhir, kamu bisa cari tahu dulu latar belakang/kredibilitas si pengajar/instrukturnya sebelum apply. Tapi kalau di Skill Academy sih, semuanya sudah nggak diragukan lagi. Last, selamat belajar!