6 Alasan Kamu Wajib Pakai Krim Pelindung Wajah dari Matahari

krim pelindung wajah dari matahari

Tahukah kamu salah satu kunci agar terhindar dari tanda penuaan dini di wajah adalah dengan mengaplikasikan sunscreen? Makanya, tak heran jika krim pelindung wajah dari matahari ini memang menjadi salah satu bagian penting dari tahapan pengaplikasian skincare setiap hari. Lalu, mengapa sih penggunaan krim satu ini tak boleh diabaikan begitu saja? Simak 6 alasannya berikut ini. 

1. Membantu Mencegah Kanker Kulit 

Kamu wajib tahu bahwa salah satu pemicu timbulnya kanker kulit adalah karena kulit kerap terkena radiasi sinar UV. Dengan rutin mengaplikasikan sunscreen, maka kulit wajah akan mendapatkan perlindungan dari radiasi sinar UV ini, sehingga risiko terjadinya kanker kulit pun bisa berkurang. Inilah alasan mengapa kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen. 

2. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini di Wajah

Semua orang tentu ingin wajahmu bisa terlihat awet muda. Kamu tentu tak menginginkan wajahmu terlihat lebih tua dibandingkan dengan umurmu yang sebenarnya, diakibatkan kerutan yang sudah banyak muncul di wajah. Nah, salah satu kunci agar wajahmu bisa terhindar dari tanda penuaan dini adalah dengan melindunginya dari faktor luar pemicu hal tersebut yakni radiasi sinar UV. 

Paparan sinar UV pada kulit wajah akan membuat kolagen pada kulit menjadi rusak, menyebabkan kulit wajah tak lagi kencang dan kerutan pun muncul. Makanya, tak heran jika hampir 90 persen tanda penuaan dini di kulit wajah, disebabkan karena kulit wajah kerap terpapar sinar matahari. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin akan membuat wajahmu awet muda lebih lama.  

3. Mengurangi Risiko Terjadinya Hiperpigmentasi 

Salah satu tanda terjadinya gangguan pada kulit disebabkan oleh paparan sinar UV yang terus menerus adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ditandai dengan menggelapnya area tertentu di kulit wajah, disebabkan karena produksi melanin yang tak normal. Dengan begini, kulit wajah pun jadi terlihat belang. Orang yang kulit wajahnya lebih gelap, lebih berisiko tinggi terkena hiperpigmentasi. 

4. Mencegah Kulit Terbakar Matahari 

Radiasi sinar matahari atau UV yang terus menerus pada wajah yang tak memiliki perlindungan apa pun, membuatnya rentan terbakar matahari. Radiasi sinar UV tersebut merusak DNA sel pada kulit, sehingga memicu terjadinya peradangan atau inflamasi di kulit wajahmu. Dikarenakan rusaknya sel tersebut juga, kekebalan tubuh jadi melemah yang membuat kanker kulit  riskan muncul. 

5. Membantu Menghidrasi Kulit 

Sunscreen atau krim pelindung wajah dari matahari juga akan bisa membantumu untuk menghidrasi kulit wajah. Beberapa produk krim ini memang diformulasi dengan bahan yang bisa menghidrasi kulit, misalnya saja seperti aloe vera, jojoba oil, atau gliserin. Oleh sebab itu, jika kamu ingin merasakan manfaatnya sekaligus, gunakanlah sunscreen yang sekaligus melembapkan. 

6. Mencegah Terjadinya Sensitivitas Kulit atas Sinar UV

Orang dengan kondisi kulit sensitif atas cahaya matahari seperti lupus dan rosacea, berisiko mengalami iritasi pada kulit wajah karena terpapar sinar UV. Iritasi yang disebabkan oleh sinar UV pada kondisi kulit tersebut ditandai dengan kulit wajah yang memerah dan juga meradang. Jika kamu termasuk pemilik kulit dengan kondisi ini, pastikan gunakan sunscreen dengan rutin. 

Jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan krim pelindung wajah dari matahari dengan rutin setiap harinya. Bahkan, jika kamu berada di dalam rumah pun, krim ini tetap harus digunakan karena sinar UV bisa menembus ke dalam rumah. Penggunaannya pun juga jangan sekali saja, namun wajib untuk diaplikasikan kembali dalam jangka waktu tertentu.