5 Trik agar Hemat BBM saat Mengendarai Mobil Matic

Kali ini aku bakal membagikan sesuatu yang berhubungan tentang otomotif. Menurutku, bidang otomotif enggak cuma terkait dengan laki-laki karena sangat banyak perempuan yang juga punya mobil atau motor dan mengendarainya secara mandiri. 
mengendarai mobil matic
Mobil matic zaman sekarang semakin banyak diminati dan semakin mendominasi di jalanan. Mengapa? Simpel, karena cara mengendarainya yang gampang. Cara mengendarai mobil matic secara umum pasti sudah kamu ketahui, namun gimana kalau mau hemat BBM? Ada trik tersendiri untuk itu!

1.    Pertahankan Stabilitas Kecepatan Mobil

Sebentar-sebentar pelan, lalu tiba-tiba gas merupakan hal yang kurang bijak untuk dilakukan seorang pengendara. Hal ini akan berdampak langsung pada kualitas mobil dan tentunya akan membuat bensin cepat terkuras habis.
Pengendara disarankan untuk mengikuti aturan kecepatan rata-rata yaitu 80 km per jam. Selain itu, jaga pula RMP 1500. Ini cara paling ampuh nih untuk menghemat bensinmu. 
Lalu gimana jika terkena macet? Nah, ini tentu lain cerita lagi karena di luar kemampuan kita untuk mengendalikan macet. Jadi, kalau macet, netralkan saja transmisi, ubah gigi ke N. Jangan biarkan tetap di D.

2.    Jangan Gas Mendadak

Siapa pun suka diperlakukan secara lembut, begitu pula mobil matic. Untuk menghemat konsumsi BBM, maka kamu harus menekan pedal gas secara perlahan. Tidak perlu terlalu dalam pula. Lakukan secara smooth sehingga BBM enggak terkuras habis.

3.    Jangan Terlalu Dekat dengan Kendaraan Lain

Pasti sering ya kamu melihat sign “Jaga Jarak” di bagian belakang mobil. Biasanya sih mobil angkutan umum. Nah, ini yang seharusnya semua pengendara lakukan baik mobil maupun motor. Selain demi keamanan, menjaga jarak ini juga akan membantu kamu menghemat bensin.
Trik ini nyambung ke bagian nomor 2, yaitu menjaga stabilitas bekendara alias laju mobil. Jadi, kalau kamu berada di jarak aman dengan kendaraan lain, kamu akan meminimalisir yang namanya rem mendadak atau gas mendadak. 

4.    Matikan AC Sesekali

Ketersediaan air conditioner di dalam mobil memang sangat membantu. Namun, menyalakan AC setiap saat akan membebani mesin mobil karena kompresor AC. Memang aku akui, rasanya enggak mungkin kita nyaman tanpa AC.
Namun, sesekali cobalah untuk mematikannya terlebih ketika cuaca tidak terlalu panas. Kamu juga bisa sesekali membuka kaca mobil, membiarkan udara masuk atau bagi kamu yang punya mobil matic yang atapnya bisa dibuka, kamu bisa buka kadang-kadang saat bepergian bersama teman, keluarga atau sahabat.

5.    Taati Batasan Kapasitas Muatan Mobil

Mobil yang seharusnya dimuati oleh 4 orang malah jadi 6 orang atau mobil dimasukkan barang-barang berat yang bahkan berjejalan di bagasi. Kejadian seperti ini tentu sering kita temui dan ini sama sekali enggak bijak.
Kamu seharusnya mengetahui terlebih dahulu muatan standarnya karena kelebihan beban akan sangat mempengaruhi tenaga mobil matic kamu.
Selain 5 trik mengendarai mobil matic di atas, kamu juga perlu melakukan servis secara teratur demi menjaga kualitas dan performanya. Ini juga akan berpengaruh secara langsung dengan konsumsi BBM. 
Tambahan lagi, ketika kamu ingin membeli, pilihlah mobil yang memang ada fitur hemat BBM atau yang sudah terkenal hemat konsumsi bahan bakarnya. Faktor ini jika ditambah dengan trik di atas, yakin deh bujet beli bensin bulanan kamu akan drastis berkurang. 
Last, buat kamu yang mau liat-liat mobil atau sekadar ingin baca tips dan trik lainnya, kamu bisa berkunjung ke member88.astra.co.id. Penawaran menarik sedang menantimu di sana!