4 Cara Mudah Atasi Feedback untuk Mic Wireless Anda

shure wireless mic
Beberapa orang yang masih awam dengan penggunaan mic nirkabel memang sering mengalami masalah feedback atau noise. Oleh karena itu, perlu memilih alat yang tepat agar hal ini tidak sering terjadi. Produk terbaru yang dikeluarkan oleh Shure telah memiliki spesifikasi agar dapat mengurangi noise ataupun feedback sehingga acara tidak terganggu. Shure wireless mic juga memberi tips atau cara mudah untuk mengatasi feedback. Yuk intip ulasannya di bawah ini!

Cara Mudah Atasi Feedback yang Sering Dialami Pengguna

1. Kecilkan Suara Mic

Feedback sering terjadi karena pengaturan suara mic yang tidak tepat, lebih tepatnya terlalu besar. Suara mikrofon yang terlalu besar membuat perangkat ini menjadi lebih sensitif dalam menerima suara. 
Semua suara dapat ditangkap oleh mic, seperti suara pengguna, orang orang di sekitar, bahkan suara speaker. Hal inilah yang membuat terjadinya feedback, sehingga cukup mengganggu audience. Cara yang pertama ini menjadi cara yang paling mudah dan ampuh.

2. Matikan Mic yang Tidak Dipakai

Suatu acara biasanya menggunakan mikrofon dengan jumlah yang banyak. Hal ini disesuaikan dengan banyaknya pengguna yang membutuhkan pengeras suara agar suara yang dihasilkan dapat didengar oleh orang banyak. 
Shure wireless mic menjadi perangkat yang paling banyak dipakai, tetapi tidak jarang sering terjadi feedback. Cara ampuh dan mudah untuk mengatasi hal ini mematikan mic yang tidak dipakai, sehingga tidak banyak perangkat yang menangkap suara. 

3. Mengatur Arah Speaker

Telah disebutkan sebelumnya bahwa suara dari speaker berpotensi untuk ditangkap kembali oleh mikrofon. Oleh karena itu, feedback sering kali muncul dan cukup mengganggu terutama jika lengkingan yang dikeluarkan.
Aturlah arah speaker agar tidak langsung menuju pada pembawa mic, sehingga memperkecil kemungkinan feedback. Arah speaker dapat diatur ke arah kiri, kanan, atau atas sehingga potensi suara kembali ke mic dapat Anda kurangi.

4. Peredam Akustik

Cara terakhir ini dinilai paling ampuh, tetapi juga diimbangi dengan dana yang besar. Jika Anda mengadakan acara di dalam ruangan, sebaiknya menyiapkan ruangan yang memadai. Pastikan tempat acara tersebut telah dilengkapi dengan peredam, sehingga efek feedback tidak terjadi. 
Shure wireless mic menjadi perangkat yang menunjang acara indoor karena sinyalnya mampu menjangkau jarak yang luas. Paduan dinding dengan peredam dan mic ini menjadi sangat tepat.
Mic wireless yang Anda pakai memiliki kemungkinan cukup besar untuk menghasilkan feedback karena beberapa hal, seperti suara yang besar, arah speaker yang tidak tepat, dan perangkat yang kurang baik. 
Jika Anda memilih brand Shure, potensi feedback cukup kecil dan bisa diatasi dengan mudah. Cara jitunya antara lain mengecilkan suara mic, matikan mic yang tidak dipakai, atur arah speaker agar tidak ke arah pengguna mic, dan gunakan peredam akustik di dalam ruangan tertutup.