Terkuak! Ini 5 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan

sarang burung walet
Credit image: Agromedia Pustaka

Mungkin sebelumnya kalian tidak menyangka bahwa sarang burung walet menjadi dapat diolah menjadi menu makanan yang sehat. 

Mengapa bisa? Ternyata ada banyak manfaat sarang burung walet untuk kesehatannya lho. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Manfaat bagi Para Ibu Hamil 

Sarang burung walet memiliki kandungan sialic acid yang dapat membantu perkembangan dan kecerdasan otak anak dalam kandungan. Mengonsumsi sup sarang burung walet saat menyusui pun disebut dapat meningkatkan kemampuan spasial anak. 

Kandungan dari Salic acid sendiri mencapai angka 0.45 ± 0.05 g/100ml. Selain itu, sarang burung walet juga memiliki kandungan estradiol semacam estrogen yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Kandungan glycine, tryptophan, threonine, proline, glikoprotein, hingga kolagen dapat membantu pemulihan otot tisu dan kulit pasca persalinan. Efeknya juga termasuk mengurangi risiko penyakit paru-paru dan gagal organ pernapasan pada bayi. 

2. Manfaat bagi Anak 

Sarang burung walet sendiri tinggi akan protein 62%, karbohidrat 27%, mineral, lemak, dan kelembapan. Bahkan sebuah penelitian akan antioksidan dan peptides, menemukan bahwa terdapat setidaknya ada 514.29 dan 954.52 Da. 

Ada pula kandungan Pro-phe-his-pro-tyr dan leu-leu-gly-asp-pro yang menjaga kesehatan paru paru, hydroxyl radical, dan antioksidan alami.  

3. Manfaat bagi Orang Lanjut Usia 

Keuntungan mengonsumsi sarang burung walet pada orang lanjut usia dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Makanan unik yang satu ini, disebut pada suatu penelitian di tahun 2020 sebagai pencegah Hyperglycemia-Induced Oxidative Stress dan endothelial dysfunction yang menjadi efek dari penyakit diabetes.  

Sarang burung walet memiliki 45-55% protein dengan glikoprotein yang dapat diserap oleh tubuh. Ada pula 31 elemen  lainnya, termasuk Iron, kalsium, potasium, dan magnesium yang mencakup manfaat sarang burung walet untuk kesehatan dan energi. Kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk menjaga fungsi otot dan daya ingat. 

4. Manfaat untuk Melawan Penyakit 

Menurut hasil penelitian di tahun 2016, sarang burung yang terbuat dari liur walet sendiri mampu meningkatkan imunitas. 

Dikatakan bahwa sarang burung walet yang dapat dimakan ini meningkatkan IgE, IgM, IgA, dan IgG3 pada tubuh beserta aktivasi B-sel. 

5. Manfaat Untuk Kecantikan 

Menurut sebuah penelitian lokal oleh Mahendra Effendy, sarang burung walet adalah makanan tradisional china sejak abad 16 yang dikenal sebagai obat alternatif. 

Efek dari konsumsi sendiri dikaitkan dengan anti-penuaan dan antioksidan yang bermanfaat dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, terutama untuk para ibu hamil, anak, orang tua, melawan penyakit, dan untuk kesehatan kulit. 

Bagi kamu yang ingin merasakan khasiatnya, bisa mengonsumsi minuman ekstrak sarang burung walet yang bisa dibeli melalui realfood.co.id. 

Ada berbagai macam Program Fit With Realfood yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti Stay Fit, Forever Young, Ever Glow, Wonder Mom, Hair Power, Bright Sight, dll. 

Yuk, jaga kesehatan mulai dari sekarang!