Review Serum Scarlett, Acne & Brightly Ever After Serum

review serum scarlett

Sebelumnya aku udah mempercayakan produk-produk body care aku ke brand lokal Scarlett, sekarang brand lokal dari Felicya Angelista ini mengeluarkan produk-produk baru yaitu face care. Ada serum, facial wash sampai cream juga. Otomatis aku penasaran banget. 

Nah, aku memutuskan buat coba dulu serumnya yang juga viral di jagad raya sosmed. Kenapa sih coba serumnya dulu? Ya karena produk ini lebih dulu launching. Next, aku pengen lagi review produk face care lainnya yang terbaru.

Variant

Serum Scarlett ini punya 2 varian yaitu sebagai berikut:

Brightly Ever After Serum

brightly ever after serum

Jenis kulit: for all skin types

Fungsi utama: mencerahkan kulit

Acne Serum

acne serum

Jenis kulit: acne prone skin

Fungsi utama: mengatasi masalah jerawat

Ingredients

Brightly Ever After Serum

kandungan serum scarlett

ingredients brightly serum

Lumayan banyak ya ingredients-nya. But highlight ingredients-nya adalah phyto whitening untuk mencerahkan, glutathione untuk meningkatkan kelembapan, elastisitas, dan membuat kulit lebih sehat.

Vitamin C untuk membantu menghilangkan flek dan mencegah kerusakan sel serta ada niacinamide yang juga melembapkan dan menyamarkan noda hitam. 

Selain itu, juga ada kandungan lavender water yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi radang dan sebagai detoksifikasi kulit.

Acne Serum

kandungan acne serum scarlett

ingredients acne serum

Kalau dilihat, kandungan acne serum lebih banyak ya dari serum yang satunya di atas. Nah, highlight ingredients-nya sendiri adalah tea tree water yang ampuh mengatasi jerawat dan mengurangi produksi minyak.

Salicylic acid untuk meredakan peradangan dan mengangkat kotoran yang bisa menyumbat pori-pori, liquorice yang dapat menutrisi kulit dan mencegah hiperpigmentasi.

Selain itu, juga ada kandungan jeju centella asitica yang sudah terkenal dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan serta mempercepat penyembuhan luka.

Kedua produknya ini sama-sama nggak mengandung alkohol, paraben dan parfume.

 

Claim

Brightly Ever After Serum

Mengandung antioksidan yang mampu menangkal kulit dari radikal bebas. Membantu mencerahkan kulit dan membuatnya lebih glowy serta mampu meratakan warna kulit. Produk ini juga dapat mengecilkan pori-pori. 

Acne Serum

Dapat membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Efektif dalam mengatasi warna kulit yang tidak merata. Bekerja sangat baik untuk jerawat dan sekaligus dapat mencegah masalah jerawat di kemudian hari.

Packaging

packaging serum scarlett

Kedua varian serum Scarlett ini punya kemasan yang sama yaitu botol kaca dengan aplikator pipet/dropper berwarna putih susu. 

Pipetnya berfungsi dengan sangat baik. Sama sekali nggak bikin belepotan dan nggak macet-macet.

Untuk yang varian brightly, botol dan kotak kertasnya dominan warna pink sedangkan yang acne serum dominan warna ungu. 

Produk ini cuma punya satu size saja yaitu 15 ml. Imut dan travel friendly banget. Nggak ada kemasan yang lebih besarnya. But, untuk ukuran serum, ukuran 15 ml bisa banget buat dipakai 1 bulan even more. 

Setelah kita buka kotaknya, ada lagi kemasan plastik yang berfungsi untuk menjaga botol kaca agar tidak bergeser di dalam dusnya. 

serum scarlett review

Kemasan kotaknya sangat informatif. Ada informasi ingredients lengkap, cara penggunaan, anjuran penyimpanan, anjuran waktu pemakaian, dan informasi jenis kulit apa yang bisa menggunakan produk ini.

Senang banget sih dengan kemasan yang seinformatif ini. Soalnya banyak tuh produk-produk serum yang kurang memberikan informasi yang jelas di kemasannya.

Sehingga kita perlu visiting website atau e-commerce mereka dulu untuk memastikan beberapa hal super penting kayak kapan harus makainya, siang atau malam dan produknya bekerja untuk skin type yang seperti apa. 

Terus yang paling aku suka lagi dari kemasannya adalah adanya keterangan expired date di botolnya, bukan cuma di kotaknya aja. 

Soalnya seperti yang pernah aku mention di review-review sebelumnya, aku suka nggak betah nyimpen kotak make up dan skincare. Kalau info kedaluwarsanya cuma ada di kotaknya kan aku jadi susah sendiri. 

Texture, Scent & Color

tekstur serum scarlet

acne serum scarlett texture

Ada perbedaan tekstur dari kedua varian serum ini. Serum jerawat lebih light, benar-benar cair, runny. Nggak ada warnanya. Bening kayak air aja gitu.

Terus kalau untuk yang brightly serum, dia lebih kental, sedikit lebih sticky, dan warnanya lebih butek. 

But, keduanya sama-sama punya daya resap yang sangat tinggi. Sama sekali nggak memerlukan waktu yang lama untuk bisa meresap sempurna ke pori-pori. 

Keduanya sama-sama punya scent tapi bukan parfume. Jadi aromanya ini memang natural. Aku agak sedikit kesulitan mendeskripsikannya. 

Yang jelas, pada awal-awal pemakaian, aku merasa sedikit kurang nyaman dengan aromanya. Tapi setelah pemakaian ke-4 dan seterusnya, aku sudah terbiasa dan sama sekali nggak mengganggu.

How to Use & Time to Use

Teteskan 2-3 tetes serum lalu usap ke seluruh wajah secara merata. Pastikan serumnya benar-benar meresap ke kulit. Dipakai siang dan malam hari.

Nah kalau anjuran pemakaian dari produknya cuma seperti itu. Tapi aku di sini mau memberikan anjuran yang lebih detail lagi. 

Biasanya aku memakai at least 3 drops untuk yang varian brightly dan hanya aku pakai 1 hari sekali kadang pagi saja atau kadang malam saja. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian si brightly ini adalah pencampurannya dengan active ingredients lain. 

Serum ini punya kandungan Vitamin C yang akan menimbulkan masalah di kulit kalau dicampur dengan skincare dengan kandungan AHA/BHA. 

Sebenarnya kedua kandungan itu bisa kok bekerja dengan baik secara berbarengan asalkan dosisnya tepat dan untuk memastikan itu kita nggak bisa ngasal. Harus ada riset dan segala macam. 

Jadi, sebaiknya hindari pemakaian AHA/BHA dan kalau kalian belum well educated masalah ingredients, sebaiknya jangan melakukan layering serum. Sama jangan lupa memakai sunscreen.

Terus untuk acne serumnya, aku pakai hanya jika perlu, karena kebetulan kulitku berjenis dry skin bukan acne prone.

Jadi acne serum ini masih bisa dipakai untuk jenis kulit apapun dan untuk yang kulitnya nggak acne prone, kalian nggak perlu sesuai anjuran 2-3 drops ke seluruh wajah. Kalian bisa cuma pakai sedikit di permukaan jerawatnya saja.

Untuk kalian yang acne prone skin, kalian juga bisa memakai kedua produk ini, tapi nggak sekaligus ya. 

Pertama pakai dulu acne serum untuk mengatasi jerawat, terus kalau jerawat sudah teratasi, lanjut ke pemakaian brightly serum. 

Review

Jadi, sekali lagi aku tegaskan kalau aku bukan pemilik acne prone skin. Tapi aku memutuskan untuk memakai acne serum ini sebagai penolong saat jerawat menstruasi aku datang.

Sebenarnya, dulu, saat menstruasi pun, nggak ada jerawat yang muncul di wajah aku. Tapi belakangan aku mengalami perubahan hormon dan jadilah jerawat bulanan itu bisa saja muncul.

kondisi kulit sebelum serum scarlett

Jerawatnya cenderung kecil-kecil dan ada beberapa butir (seperti yang ada di foto). Kalau nggak aku pakaikan apa-apa, dia bakal hilang sendirinya tanpa bekas dalam waktu 3-4 harian. 

Tapi, kalau aku pakaikan acne serum ini, jerawatnya jadi hilang lebih cepat. 2x pakai sudah bisa hilang. 2x berarti sekitar 2 harian soalnya aku pakainya sekali sehari saja.

Aku pakainya cuma sedikit dan hanya di area jerawatnya saja. Jadi, cara aku pakainya tuh sejenis kayak cara pakai krim totol.

Terus, untuk serum pencerah, ini pas banget sih buat kulit aku. Sekitar pertengahan Januari kemarin, tempat tinggal aku di Kalsel terdampak banjir bandang. 

Secara tidak langsung, kulitku ikut-ikutan terdampak soalnya selama banjir, aku sama sekali nggak memakai skincare dan kulit aku juga sempat terpapar sinar matahari. Akibatnya, kulitku jadi kusam dan warnanya lebih gelap.

Selain itu, aku sejak lama juga sudah punya masalah warna kulit yang tidak merata. Jadi kayak belang-belang gitu. 

Nah, setelah memakai serum ini selama 3 minggu, aku merasa warna kulit aku lebih merata dan terlihat lebih cerah juga. Kusamnya juga bisa teratasi. Kulit juga terasa jauh lebih lembap. 

Tidak perlu waktu lama untuk produk ini bisa mengatasi dehidrasi dan kekusaman kulit. Tapi kalau untuk meratakan warna kulit dan mencerahkan agak takes time. Tidak seinstan itu. Harus berproses, dan rutin memakainya. Dan itu wajar banget.

Hasil yang paling instan itu efek glowing-nya itu sih. Once produknya dipakai, kulit jadi glow alami tanpa ada kesan minyakan. 

Nah di bawah ini foto before after aku memakai serum dari Scarlett Whitening selama 3 minggu. Foto yang before aku ambil di siang hari dan yang after pada waktu malam hari. 

But aku sudah usahakan banget pencahayaan sama, angle sama, lokasi sama dan device yang digunakan pun sama.

before after serum scarlett

Price & Where to Buy

Rp75.000,00

Beli di Shopee Official Account

Kemarin aku order sekaligus 2 serum ini, udah free sticker lucu loh. 

gift scarlett whitening

Terus packaging-nya juga super aman. Bubble wrap-nya tebal dan kardusnya official banget, bertuliskan Scarlett. Pengirimannya juga cepat. 

Cara Cek Keaslian Produk

1. Masuk ke https://verify.scarlettwhitening.com/

2. Isi data-data yang diperlukan. Pada kolom terakhir, isikan kode serial yang bisa kamu lihat pada stiker hologram di kemasan serum kamu.

3. Lalu klik “Cek Kode Serial Produk Anda”.

cara cek keaslian produk scarlett

4. Produk asli jika muncul informasi seperti ini.

cek originalitas produk scarlett

Produk-produk dari Scarlett juga sudah BPOM, bisa kamu cek di https://cekbpom.pom.go.id/ dengan memasukkan nomor atau nama brand/produknya.