Review Serum Niacinamide & Retinol Terbaru dari Scarlett

niacinamide dan retinol serum

Selain produk sunscreen, buat aku serum adalah produk kedua yang cepat banget abisnya. Soalnya serum punya active ingredients yang konsentrasinya lebih tinggi daripada jenis produk skincare yang lainnya. Jadi aku rajin banget pakai serum.

Terakhir aku tuh cocok banget sama Scarlett Glowtening Serum. Aku juga sudah sempat review lho. Hayo udah pada baca belum? 

As we all know ya, Scarlett ini secara teratur memproduksi produk baru. Ada aja yang baru, bagus dan bikin penasaran. So, aku kepincut lagi nih sama Niacinamide 5% dan Retinol Serum-nya. 

Why? Ya karena emang di umur aku sekarang ini, wajib banget pakai skincare yang bisa menunda penuaan dini. Selain itu, udah tau dong kalian kalo perpaduan Niacinamide dan Retinol ini perfect banget! 

Bukan cuma hasilnya yang lebih maksimal, dengan perpaduan keduanya ini, efek samping pemakaian Retinol-nya bisa terminimalisir lho. Yuk baca lengkapnya di bawah ini.

Tentang Retinol yang Perlu Kamu Tau

scarlett retinol serum

Retinol atau yang juga biasa disebut dengan Vitamin A ini sebenarnya salah satu kandungan aktif yang lumayan tricky. Retinol udah terkenal ampuh dalam mengatasi masalah penuaan dan kerutan kulit.

Kehebatan zat ini membuatnya gak bisa sembarangan digunakan. Walaupun ada yang berpendapat kandungan ini boleh digunakan siang dan malam hari, tapi aku menyarankan kalian gunakan di malam hari saja.

Soalnya, kandungan ini rentan akan rusak jika terkena paparan sinar matahari. Kalau aku sendiri selalu memakai di malam hari aja dan siangnya makai yang serum Niacinamide. Makanya aku langsung purchase 2 produk serum. Ya itu tujuannya. Biar ada serum siang dan serum malamnya.

Kalau kamu pemula (belum pernah mencoba produk skincare dengan kandungan Retinol) atau pemilik kulit sensitif, maka dianjurkan untuk intensitas pemakaiannya jangan terlalu sering dahulu. Kalau sudah terbiasa, baru setiap hari.

Pakailah dengan dosis yang secukupnya sesuai anjuran pemakaian yang aku akan tulis juga di akhir nanti. Terus, jangan sembarangan mencampurkan zat ini dengan kandungan lain. Contohnya saja di produk Scarlett kan ada tuh Acne Series? Nah, jangan campur pemakainnya dengan itu ya. 

Kandungan Utama & Manfaatnya

1. Scarlett Niacinamide 5%, Beta Glucan, 7 Phyto Extract Serum

💜 Niacinamide 5%: Dapat memperbaiki skin barrier, sebagai antioksidan dan mampu mencerahkan kulit serta menyamarkan hiperpigmentasi.

💜 Beta Glucan: Mampu merevitalisasi kulit yang sudah muncul tanda-tanda penuaan serta mencegah DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

💜 Tego cosmo C100 (Creatine): Selain sebagai anti-aging, zat ini juga dapat membantu menenangkan kulit serta melembapkan.

💜 Allantoin: Menghidrasi kulit dan mempercepat penyembuhan pada luka.

💜 Triple Ceramide Complex: Memperbaiki skin barrier, anti inflamasi dan mengunci kelembapan.

💜7 Phyto Extract (Moringa, Mugwort, Chamomile, Bifida, Pomegranate, Lotus, Centella Asiatica): Mempercepat regenerasi kulit, menenangkan kulit yang iritasi dan berjerawat, memperkuat skin barrier, mencegah rusaknya sel karena sinar matahari, mencerahkan dan mengurangi kerutan halus serta meningkatkan produksi kolagen.

2. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

💙Retinol: Menyamarkan kerutan halus pada kulit, meningkatkan proses regenerasi kulit, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

💙Hexapeptide-8: Mengurangi tanda penuaan, menghidrasi, menenangkan iritasi dan meningkatkan produksi hyaluronic acid alami dan kolagen.

💙Pomegranate Extract: Mencegah kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi tanda penuaan, mencegah pertumbuhan bakteri dan meningkatkan regenerasi.

💙Vitamin C: Mengurangi hiperpigmentasi, mencerahkan, mencegah penurunan produksi kolagen, mencegah efek radikal bebal.

💙Allantoin: Menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, membuat tekstur kulit jadi lebih halus.

Kemasan

Kemasannya masih sama ya seperti produk serum terdahulunya si Brightly Ever After dan Acne Serum. Pembedanya hanyalah warnanya seperti yang bisa kalian lihat pada gambar. Warnanya gak kalah unyu. Apalagi yang Retinol, aku suka banget warnanya.

Sedangkan botol kacanya, pipet, dan lain-lain masih sama persis. Sama juga kokohnya. Untuk ukurannya pun sama yaitu 15 ml per botol. 

kemasan serum scarlett

Tekstur, Warna dan Aroma

Part ini paling aku suka nih. Bahas-bahas soal teksturnya. Untuk yang Niacinamide serum itu teksturnya mirip Acne Serum-nya tapi lebih kental sedikit. Cepat meresap dan gak lengket sama sekali. 

Serum Niacinamide ini terasa fresh banget saat menyentuh kulit wajah. Gampang diratakan juga. Warnanya bening transparan.

Nah, sedangkan untuk produk serum Retinol-nya ini warnanya mirip dengan Glowtening Serum yaitu putih seperti susu. Tapi teksturnya berbeda. Produk Retinol ini teksturnya light, gak lengket dan cepat meresap juga. Sedikit saja lebih pekat dari yang Niacinamide. 

Untuk aroma produk serum ini keduanya sama-sama gak ada additional fragrance. Kalaupun ada slightly aroma-aroma gitu, itu berarti wangi alami.

tekstur niacinamide serum scarlett

tekstur retinol serum scarlett

aplikator serum scarlett

Cara Penggunaan

💫Teteskan serum sebanyak 2-3 tetes ke telapak tangan atau langsung ke kulit wajah (tapi pastikan jangan sampai pipet bersentuhan dengan kulit wajah).

💫 Oleskan ke seluruh wajah sampai merata.

💫 Tunggu produk sampai meresap baru menggunakan tahap skincare selanjutnya.

Ingat sekali lagi ya untuk menggunakan produk Retinol di malam hari saja dan jangan lupa pakai pelembap setelahnya untuk mengurangi risiko kulit kering.

Pengalaman Memakai Produk

Aku sebelumnya memang sudah terbiasa memakai kandungan Retinol. Jadi, buat aku gak ada efek samping apapun dari pemakaian serum Scarlett Retinol ini. 

Pada list full ingredients-nya, zat aktif Retinol berada di tengah-tengah. Jadi bisa disimpulkan bahwa konsentrasi Retinol-nya tidak terlalu tinggi. Jadi buat kalian yang baru mau coba Retinol, produk ini aku anjurkan banget sih. Dan perlu diingat juga, lebih banyak gak selalu berarti lebih efektif, kok. 

Tekstur keduanya aku suka banget. Cocok buat aku yang gak terlalu suka nunggu lama agar skincare meresap. Easy to absorb banget deh pokoknya. 

Aku udah kisaran 2 minggu memakai keduanya secara rutin. Hasil yang aku dapatkan, kulitku jadi lebih halus dan lembut, lebih cerah dan feel-nya terasa lebih kencang. 

before after memakai serum scarlett

Kalau dilihat di gambar mungkin memang belum bisa menghilangkan garis-garisnya karena memang it takes time, kan. Tapi aku udah ngerasain kalau kulit aku lebih terasa kencang. 

Dengan pemakaian yang rutin dan jangka panjang, aku sih optimis ini produk bisa mencegah dan membantu aku fight sama garis-garis halus. 

Aku juga sebenernya penasaran banget lho pengen coba layering kedua serum ini di PM skincare routine aku. Jadi, aku pakai Niacinamide-nya dulu baru yang Retinol. Penasaran aku, but serum layering ini tuh not really necessary lho buat kalian. Aku aja yang dari sononya emang suka eksplor. Hehe

Harga dan Tempat Pembelian

Seperti biasa, semua produk Scarlett itu sama semua harganya yaitu Rp75.000. Kalian juga pasti udah hapal banget, kan? Kalian bisa beli dengan klik di sini ya. Kalian juga bisa join reseller mereka lho.

Oh ya, pastikan kalian gak kelupaan untuk cek keaslian produk Scarlett dengan cara mengunjungi alamat berikut ini https://verify.scarlettwhitening.com/, isi data yang diminta, lalu tinggal masukkan kode yang ada setiap kemasan produk Scarlett. Letak kode serinya ada di bawah barcode.

Last but not least…

Teakhir, please jangan bosen-bosen ya baca artikel review produk Scarlett dari aku. Soalnya, aku a big fan sama produk-produknya Scarlett ini. Sekarang tuh jujurly, aku penasaran juga sama Age Delay Series-nya mereka. Next review Scarlett Age Delay Series yuk. Setuju gak kalian? Bantu jawab di kolom komentar ya!