Review Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated

charcoal mask mineral botanica
Masker merupakan salah satu jenis skincare yang sejak dulu wajib banget digunakan secara rutin. Dari banyaknya jenis masker, charcoal mask adalah salah satu masker yang nggak bisa ditinggalkan. 
Siapa sih yang nggak tahu bahan charcoal atau arang ini. Charcoal adalah kandungan yang paling tepat dalam produk kecantikan kalau tujuannya untuk membersihkan.
Nah, kali ini aku mau review salah satu produk charcoal yang aku suka yaitu Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated dari brand lokal Mineral Botanica.

Packaging

Mari mulai dengan bahas kemasannya, like usual. Aku punya yang kemasan 60 gr. Kemasannya tube. Untuk size ini, aku ga merasa dia makan tempat. Masih gampang banget buat diselipin di tas kecil misalnya atau pouch kecil.
Dari segi desain, aku suka banget. Di depan kemasan sudah tertera dengan jelas itu jenis masker apa dan apa kegunaan serta keunggulan dari produk tersebut. 

Tekstur

Namanya juga charcoal ya, warnanya pasti hitam pekat. Lalu dia lengket dan kalau dituang, harus segera diaplikasikan ke kulit wajah karena dia cepat kering.
Produk ini wangi banget lo dan awet banget bahkan setelah masker dilepas. Tapi wangi di sini bukan wangi yang strong dan menggangu ya. Wanginya soft, enak tapi tahan lama.
charcoal mask

Ingredients

Nah, untuk kamu yang suka ekstra selektif dengan sebuah produk, ini nih informasi kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Aku kasih dalam bentuk gambar aja ya. Kamu bisa zoom gambarnya for the detail.
mineral botanica
Kandungan yang di-highlight dari produk ini adalah charcoal activated yang berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, licorice extract untuk mencegah pigmentasi, dan adansonia extract dan allantoin yang mampu melembapkan kulit. 
Intinya sih, Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated ini terbuat dari bahan pilihan yang sudah di-combine sedemikian rupa untuk memberikan produk yang bisa totalitas dalam mengangkat kotoran. 

Klaim

  • Removes embedded dirt (menghilangkan kotoran)
  • Easy peel off (mudah dilepaskan)
  • Dries quickly (cepat kering)
  • Minimizes pore (memperkecil pori-pori)
  • Brightening (mencerahkan)

Cara Menggunakan

Kayaknya sih hampir semuanya tahu ya cara menggunakan masker charcoal itu kayak gimana. But in case ada yang baru coba atau yang selama ini salah step dalam menggunakannya, jadi aku infoin aja ya cara menggunakan yang benar seperti apa.
  1. Sebelum memakai, pastikan wajah kamu sudah dibersihkan.
  2. Oleskan masker per part. Jadi mulai dari dagu dulu misalnya, fokus di situ dulu sampai rata baru pindah ke part wajah yang lainnya.
  3. Jangan oles terlalu tipis. Kalau yang ketiga ini tergantung preferensi masing-masing sih. Intinya jangan sampai terlalu tipis ataupun terlalu tebal.
  4. Diamkan selama 15-20 menit saja. Kurang lebih sedikit nggak papa ya asalkan masker sudah benar-benar kering di semua bagian.
  5. Lepaskan masker dari pinggir secara perlahan.
  6. Bilas wajah dan bersihkan sisa masker dengan air hangat. 

Result

Ini kondisi wajah aku ya sebelum memakai produk kulit terbaik dari Mineral Botanica ini. FYI, tipe kulitku itu kering. Ini bare face aku ya di pagi hari saat belum menggunakan produk apapun selain lip glaze. 

Aku take picture ini pakai iPhone 6 tanpa edit. Di-take indoor di dalam kamar. Jadi cahayanya berasal dari cahaya lampu.
produk kulit terbaik
Terus, aku jadi pahlawan bertopeng, hehe. Durasi waktu yang aku habiskan untuk meratakan maskernya itu bentar banget. So, ini menurutku easy to blend. Aku blend pakai tangan soalnya aku kurang suka memakai kuas masker untuk tipe masker peel off.
halal kosmetik mineral botanica
Nah di bawah ini penampakan wajah aku after pemakaian. Agak sedikit susah mungkin kalau dibandingkan dari foto ya, cuma yang aku rasakan pertama kali setelah bilas wajah aku dengan air hangat adalah kulit jadi lebih cerah. Keliatan nggak sih di foto itu? 
masker charcoal
Kalau ngerasa lebih bersih itu pasti ya. Di bagian hidung dan sekitarnya juga terasa banget perubahannya dari awalnya yang pas disentuh kerasa agak kasar sampai jadi lembut dan halus.
Then, ini foto setelah maskernya aku lepas ya. Kalau ada yang nanya, apakah produk ini bisa mencabut komedo? Jawabannya bisa banget. Itu komedo aku juga pada kecabut. Keliatan nggak?
masker wajah mineral botanica
Itu banyak lo yang keangkat, cuma memang komedo aku kecil-kecil gitu. Semoga fotonya jelas ya.
Terus, seperti yang aku tulis sebelumnya kalau aroma dari masker wajah Mineral Botanica ini tuh semerbak banget. Tahan lama dan enak banget.
Oh ya, produknya juga sesuai dengan klaimnya ya yaitu cepat kering. Aku hitung waktunya, memang seperti anjuran, 15-20 menit itu sudah bener-bener bisa kering secara merata.
Pemakaian produk ini secara teratur pasti bisa menjaga kulit tetap cerah, bersih dan bebas komedo. Ngelepasinnya juga mudah banget. Nggak mudah robek juga. Jadi, melepas dari atas ke bawah, atau samping kiri ke kanan, aman banget.

Note These!

Informasi tambahan buat kamu, produk ini tuh termasuk 1 dari banyak sekali halal kosmetik lo. Terus pembuatan produk ini juga nggak melalui tes ke binatang.
Di belakang kemasan, ada tertulis PAO 6 MONTHS. Nah, FYI aja nih, PAO singkatan dari Period After Opening. Simbol itu menunjukkan ketahanan produk setelah dibuka. 
Jadi, si charcoal mask yang satu ini mampu bertahan dalam kondisi terbaiknya selama 6 bulan setelah kemasan dibuka. 

Harga

Dari segi harga dan kalau dibandingkan dengan performanya, face mask Mineral Botanica yang satu ini tergolong affordable lo. Harganya itu cuma Rp56.900,00. 
Kamu bisa lihat langsung di website resmi mereka atau kepoin dulu di Instagram @mineralbotanica.